Apa Penyebab Keputihan

Keputihan dan penyebabnya

Pubertas tanda menstruasi

tidak-menstruasiMenstruasi  adalah tahap pertama pertanda kedewasaan ( pubertas )pada anak perempuan, itu salah satu tanda fisik banyak bahwa seorang gadis berubah menjadi seorang wanita.

Dan seperti banyak perubahan lain yang berhubungan  dengan pubertas, menstruasi  tanda kedewasaan. Beberapa gadis tidak sabar untuk mengetahui menstruasi  , sedangkan yang lain mungkin merasa takut atau cemas. Banyak anak perempuan (dan pria!) Tidak memiliki pemahaman lengkap tentang sistem reproduksi wanita atau apa yang sebenarnya terjadi selama siklus menstruasi, membuat proses tampak lebih misterius.

Ketika gadis mulai memasuki  masa pubertas ( dimulai antara usia 8 dan 13), tubuh  berkembang  dan mulai ada pemikiran penampilan diri . Hormon-hormon dalam tubuh menstimulasi perkembangan fisik baru, seperti pertumbuhan dan perkembangan payudara. Sekitar 2 sampai 2 ½ tahun setelah payudara gadis mulai berkembang, ia biasanya mendapatkan menstruasi pertama menstruasinya.

Sekitar 6 bulan atau lebih sebelum mendapat haid pertamanya, seorang gadis mungkin  mengalami jumlah peningkatan keputihan . Pengeluaran ini adalah umum. Tidak perlu untuk seorang gadis khawatir tentang cairan kecuali adanya bau yang menyengat dan rasa gatal .

Awal menstruasi  ini dikenal sebagai menarche. Menarche tidak terjadi sampai semua bagian dari sistem reproduksi seorang gadis telah jatuh tempo dan bekerja sama.

Sistem Reproduksi Wanita

Bayi perempuan dilahirkan dengan indung telur, saluran telur, dan rahim. Kedua ovarium berbentuk oval dan terletak di kedua sisi rahim (rahim) di bagian bawah dari perut disebut panggul. Rahim berisi ribuan telur, atau ovum. Dua saluran tuba yang panjang dan tipis. Setiap tuba fallopi membentang dari ovarium ke rahim, organ berbentuk buah pir yang terletak di tengah panggul. Otot-otot di dalam rahim wanita adalah yang lentur dan mampu memperluas untuk memungkinkan rahim untuk mengakomodasi janin yang tumbuh dan kemudian membantu mendorong bayi keluar saat persalinan.

Sebagai seorang gadis dewasa dan memasuki masa pubertas, kelenjar pituitari melepaskan hormon-hormon yang merangsang ovarium untuk memproduksi hormon-hormon lain yang disebut estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini memiliki banyak efek pada tubuh seorang gadis, termasuk kematangan fisik, pertumbuhan, dan emosi.

Kira-kira sekali sebulan, telur kecil meninggalkan salah satu indung telur – proses yang disebut ovulasi – dan bergerak ke bawah salah satu saluran tuba menuju rahim. Pada hari-hari sebelum ovulasi, hormon estrogen merangsang uterus untuk membangun lapisan dengan darah ekstra dan jaringan, membuat dinding rahim tebal dan empuk. Hal ini terjadi untuk mempersiapkan rahim untuk kehamilan: Jika sel telur dibuahi oleh sel sperma, ia bergerak ke rahim dan menempel pada dinding bantalan rahim, di mana ia perlahan-lahan berkembang menjadi bayi.

Jika telur tidak dibuahi, maka darah haid runtuh – yang merupakan kasus selama sebagian besar dari siklus bulanan wanita – karena  tidak ada yang menempel pada dinding rahim. Ketika ini terjadi, rahim meruntuhkan  lapisan jaringan tambahan. Darah, jaringan, dan telur yang tidak dibuahi meninggalkan rahim, akan melalui vagina pada jalan keluar dari tubuh. Ini adalah periode menstruasi.

Siklus ini terjadi hampir setiap bulan selama beberapa dekade s (kecuali,  ketika perempuan hamil) sampai seorang wanita mencapai menopause dan tidak lagi tumbuh sel telur dari ovarium.

Seberapa Sering menstruasi ?

Sama seperti beberapa gadis mulai pubertas awal atau lebih lambat daripada yang lain, yang sama berlaku untuk periode. Beberapa gadis mungkin mulai menstruasi sejak usia 10, tetapi yang lain mungkin tidak mendapatkan menstruasi pertama mereka sampai mereka berumur 15 tahun.

Jumlah waktu antara periode seorang gadis disebut siklus menstruasi (siklus dihitung dari awal satu periode ke periode awal berikutnya). Beberapa gadis akan menemukan bahwa siklus menstruasi mereka berlangsung 28 hari, sedangkan yang lain mungkin memiliki siklus 24-hari, siklus 30-hari, atau bahkan lebih. Setelah menarche, siklus menstruasi terakhir 21-45 hari. Setelah beberapa tahun, siklus panjang untuk mempersingkat dewasa 21-34 hari.

Menstruasi yang tidak teratur sering terjadi pada anak perempuan yang baru mulai menstruasi. Mungkin diperlukan waktu  tubuh untuk memilah-milah semua perubahan terjadi, sehingga seorang gadis mungkin memiliki siklus 28-hari selama 2 bulan, kemudian  berbeda pada  bulan berikutnya. . Biasanya, setelah satu atau dua tahun, siklus menstruasi akan menjadi lebih teratur. Beberapa wanita tetap mengalami menstruasi yang tidak teratur hingga dewasa.

Sebagai gadis usia , bertambah dan periode nya menetap – atau  akan lebih  berubah  untuk siklus sendiri yang unik – ia mungkin bisa memprediksi kapan haid akan datang. Sementara itu, itu ide yang baik untuk melacak siklus menstruasi  dengan kalender.

Berapa Lama dan Berapa Banyak?

Jumlah waktu haid  seorang gadis tidak sama dan  bervariasi. Beberapa gadis memiliki periode yang berlangsung hanya 2 atau 3 hari. Gadis-gadis lain mungkin memiliki periode yang berlangsung 7 hari. Aliran menstruasi – yang berarti berapa banyak darah keluar dari vagina – dapat sangat bervariasi dari gadis ke gadis juga.

Beberapa gadis mungkin khawatir bahwa mereka kehilangan terlalu banyak darah. Ini bisa menjadi shock melihat darah itu, tapi itu tidak mungkin bahwa seorang gadis akan kehilangan terlalu banyak, kecuali dia memiliki kondisi medis seperti penyakit von Willebrand . Walaupun mungkin terlihat seperti banyak, jumlah rata-rata darah hanya sekitar 2 sendok makan (30 ml) untuk seluruh periode. Sebagian besar remaja akan mengganti pembalut 3 sampai 6 kali sehari, dengan perubahan lebih sering ketika periode mereka adalah paling berat, biasanya pada awal periode.

Terutama ketika periode menstruasi yang baru,  mungkin merasa khawatir tentang aliran darah atau apakah periode  adalah normal :

Beberapa gadis mungkin melihat perubahan fisik atau emosional sekitar waktu periode . Kejang-kejang menstruasi cukup umum – pada kenyataannya, lebih dari setengah dari semua perempuan yang mengalami menstruasi mengatakan  mengalami kram selama beberapa hari pertama periode . Dokter berpikir bahwa kram disebabkan oleh prostaglandin, zat kimia yang menyebabkan otot-otot rahim untuk berkontraksi.

Tergantung pada gadis itu, kram menstruasi dapat menjadi kusam dan sakit atau tajam dan intens, dan  kadang-kadang dapat terasa di bagian punggung serta perut. Ini kram sering menjadi kurang nyaman dan kadang-kadang bahkan hilang sama sekali sebagai seorang gadis usia bertambah.

Banyak gadis dan wanita mengunakan obat nyeri  (seperti acetaminophen atau ibuprofen) dapat meredakan kram,  bisa mengunakan mandi air hangat atau menerapkan bantal pemanas hangat untuk perut bagian bawah. Berolahraga secara teratur sepanjang siklus bulanan dapat membantu mengurangi kram juga. Jika hal ini tidak membantu, mintalah nasihat dokter Anda .

PMS dan Jerawat

Beberapa gadis dan wanita menemukan bahwa mereka merasa sedih atau mudah tersinggung selama beberapa hari atau minggu sebelum periode . Orang lain mungkin marah lebih cepat dari biasanya atau menangis lebih dari biasanya. Beberapa gadis menginginkan makanan tertentu. Jenis perubahan emosi mungkin merupakan hasil dari sindrom pramenstruasi (PMS) .

PMS berhubungan dengan perubahan hormon tubuh. Sebagai tingkat hormon naik dan turun selama siklus menstruasi wanita, menstruasi dapat mempengaruhi  perasaan, baik secara emosional dan fisik. Beberapa gadis, selain merasa emosi lebih intens daripada biasanya yang dilakukan, perhatikan perubahan fisik bersama dengan  menstruasi- beberapa merasa kembung atau bengkak karena retensi air, yang lain melihat payudara bengkak dan sakit, dan beberapa sakit kepala .

PMS biasanya hilang segera setelah menstruasi dimulai, tetapi dapat kembali bulan demi bulan. Makan yang benar, tidur cukup, dan berolahraga dapat membantu meringankan beberapa gejala PMS.  Konsultasi dengan dokter jika  ada gejala-gejala pramenstruasi .

Ini juga tidak biasa bagi perempuan untuk  terjadi jerawat  selama waktu-waktu tertentu dari siklus ;, hal ini disebabkan hormon. Untungnya, jerawat berhubungan  dengan menstruasi cenderung menjadi kurang dari masalah  bila telah tua.

Pembalut dan Pantyliner

Mulai menstruasi, Anda harus menggunakan sesuatu untuk menyerap darah. Kebanyakan cewek menggunakan pad atau tampon. Tapi beberapa menggunakan  pembalut menstruasi, yang menyisipkan seorang gadis ke dalam vagina untuk menadah dan menahan darah (bukan menyerapnya, seperti tampon).

Ada begitu banyak produk luar  yang mungkin diperlukan beberapa eksperimen sebelum menemukan satu yang  terbaik bagi Anda. Beberapa gadis hanya menggunakan sabut ( pertama mulai menstruasi), tampon penggunaan beberapa saja, dan beberapa beralih sekitar – tampon pada siang hari dan pembalut pada malam hari, misalnya.

Anak perempuan yang khawatir tentang kebocoran dari tampon sering menggunakan pantiliner juga, dan beberapa anak perempuan menggunakan liners sendirian di hari yang sangat sedikit pada menstruasi. .

Menstruasi  tidak harus  berolahraga, bersenang-senang, dan menikmati hidup. Anak perempuan yang sangat aktif, khususnya yang menikmati renang, sering menemukan bahwa tampon adalah pilihan terbaik selama olahraga.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pembalut, tampon, atau mengatasi menstruasi , mintalah orang tua, guru kesehatan, perawat sekolah, atau kakak perempuan.

Comments are currently closed.